Melakukan Penagihan

SalesMania mendukung pencatatan aktivitas penagihan faktur/invoice ke customer, sehingga nominal yang dibayarkan dan hasil penagihan bisa tercatat rapi di database.

Ada 2 cara untuk menambahkan aktivitas penagihan ke jadwal team debt collector:

  1. Admin penagihan membuatkan jadwal customer yang ditagihkan, dan me-link-kan faktur yang akan ditagihkan ke customer, kemudian team debt collector bisa menggunakan aplikasi SalesMania untuk menjalankan aktivitas penagihan.

  2. Team debt collector bisa diberikan hak akses untuk menambahkan jadwal sendiri dan me-linkkan faktur yang ditagihkan.

Setelah jadwal visit penagihan dibuat, team penagihan bisa langsung melakukan pelaporan penagihan lewat APP SalesMania dengan cara berikut ini:

  • Tap di nama customer untuk masuk ke detail aktivitas penagihan.

  • Jika sudah diklik, maka detail penagihan bisa terlihat pada halaman ini.

  • Bila penagihan berhasil, rubah status ke status yang memiliki tipe penagihan misal: Tertagih atau Transfer Bank atau BG/Cek, kemudian input nominal yang dibayarkan customer.

Apabila belum ada status dengan tipe penagihan yang terlihat, segera hubungi team back office untuk membuatkan status yang bertipe penagihan. Caranya ada di sini.

Gunakan fitur foto untuk mendokumentasikan BG/Cek/Faktur yang sudah ditandatangani customer sebagai bukti pembayaran diterima.

  • Lengkapi data yang lain seperti Keterangan, PIC (orang yang ditemui) beserta dengan lampiran bukti foto visit ini, lalu klik 'Simpan'.

  • Apabila sudah, maka visit penagihan sudah berhasil terupdate. Di atas akan muncul total pembayaran yang dilakukan team debt collector hari ini, dan di setiap visit akan muncul nominal tertagih per visit bila penagihan berhasil.

BIla penagihan gagal, ganti status ke Gagal Visit atau sejenis, dan beri keterangan dan bukti foto mengapa penagihan itu tidak berhasil untuk laporan ke perusahaan, misalkan toko tutup atau alasan lainnya.

Menambahkan Visit Penagihan secara Mandiri

Team Penagihan juga dapat langsung menambahkan visit penagihan secara mandiri lewat aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik '+' untuk menambahkan jadwal visit ke customer yang akan ditagihkan.

  • Pilih customer yang ingin ditagihkan.

Gunakan fitur peta di SalesMania untuk memastikan lokasi customer yang akan dikunjungi berdekatan untuk memaksimalkan efisiensi perjalanan.

  • Klik titik tiga pada customer yang ingin ditagihkan

  • Klik 'Penagihan' untuk memilih faktur yang akan ditagihkan

  • Klik titik tiga dan pilih Tagihkan pada faktur yang ingin ditagihkan

Secara default daftar ini di-filter untuk order yang berstatus Diproses atau Terkirim, bila Anda ingin melihat order yang Baru/Lunas/Batal, klik tombol Filter di kanan untuk melihat order dengan status lainnya

  • Klik 'Tagihkan' untuk memilih faktur yang ingin ditagih

  • Klik 'Ya' untuk mengkonfirmasi pembuatan penagihan

  • Visit penagihan berhasil dibuat dan team penagihan bisa langsung mengisi laporan penagihan seperti di atas.

Last updated