Integrasi Accurate Online
Sinkronisasi data Customer, Product, Team dan Penyesuaian Harga dengan Accurate Online, sekaligus input pesanan penjualan (SO).
Last updated
Sinkronisasi data Customer, Product, Team dan Penyesuaian Harga dengan Accurate Online, sekaligus input pesanan penjualan (SO).
Last updated
SalesMania sudah mendukung integrasi dengan Accurate Online. Jadi bila Anda sudah menggunakan Accurate Online, Anda tidak perlu repot lagi input data pelanggan dan produk secara manual. Setelah integrasi, data akan langsung di-sinkronisasi dengan Accurate Online.
Demikin juga orderan yang masuk lewat SalesMania, bisa langsung otomatis dibuatkan Pesanan Penjualan (Sales Order) di Accurate Online. Hal ini menurunkan kemungkinan typo bila order harus diinput ulang oleh admin, sekaligus mempercepat pemrosesan order oleh perusahaan.
Berikut daftar data-data yang tersinkronisasi antara SalesMania dan Accurate Online:
Jenis Data | Arah Data | Keterangan |
---|---|---|
Untuk melakukan integrasi dengan Accurate Online, sebaiknya dimulai dengan database SalesMania yang masih kosong. Cara membuat database baru bisa ditemukan di
Selanjutnya kita lakukan proses integrasi sebagai berikut:
Tekan tombol kemudian pilih Settings
-> Integration
-> Accurate Online
Anda akan masuk di web Accurate Online, dan diminta untuk login di Accurate Online
Kemudian Anda akan diminta persetujuan untuk integrasi dengan SalesMania, tekan tombol Beri Akses
untuk kembali ke web SalesMania
Tekan tomboluntuk memilih database Accurate yang akan di-integrasikan dengan SalesMania
Selanjutnya, tekan tombol Update Customer
, Update Product
dan Update Team
untuk awal sinkronisasi data customer, product dan team sales dari Accurate Online ke SalesMania. Tunggu hingga proses selesai.
Update Customer
dan Update Product
hanya perlu dilakukan satu kali ini saja untuk mengisi data awal, selanjutnya proses sinkron data akan berlangsung otomatis bila ada perubahan, penambahan maupun pengurangan data customer dan produk dari Accurate Online ke SalesMania.
Untuk Update Team
, hanya data karyawan dari Accurate Online yang berstatus Penjual yang akan di-import ke SalesMania.
Update Team perlu dilakukan lagi setiap ada penambahan/perubahan karyawan penjual di Accurate Online.
Update Penyesuaian Harga akan mensinkronisasi data Penyesuaian Harga dari Accurate Online ke SalesMania. Tekan tombol ini bila Anda menggunakan fitur Penyesuaian Harga di Accurate Online saja.
Update Penyesuaian Harga perlu dilakukan lagi setiap kali ada penambahan/perubahan penyesuaian harga di Accurate Online
Update Visit
bersifat opsional, digunakan untuk import history Pesanan Penjualan dari Accurate ke SalesMania. Bila memang diperlukan, kami sarankan untuk dijalankan bertahap dengan filter tanggal per 1 minggu saja, karena proses sinkron berjalan lambat dan ada kemungkinan terputus di tengah. Bila terjadi pemutusan, bisa diulangi lagi.
Integrasi Customer, Product dan Team hanya berlaku satu arah dari Accurate Online ke SalesMania. Artinya perubahan data Customer dan Product di Accurate akan otomatis ter-update ke SalesMania, tapi bila terjadi perubahan data Customer atau Product di SalesMania, tidak akan ter-update di Accurate, dan mungkin akan tertimpa dengan update berikutnya dari Accurate.
Dengan integrasi ini, bila ada inputan orderan di SalesMania otomatis akan dibuatkan Pesanan Penjualan (Sales Order) di Accurate Online.
Buka APP SalesMania, kemudian masuk ke database yang tadi sudah di-integrasikan
Tambahkan kunjungan baru menggunakan tombol +
di kanan bawah
Tap di kunjungan yang baru untuk masuk ke halaman detail, kemudian ganti status ke Order
Isi keterangan bila perlu, semisal: Minta dikirim Rabu sore
Keterangan di SalesMania juga akan diteruskan sebagai keterangan di Pesanan Penjualan Accurate Online
Lakukan absensi foto bila diperlukan
Tap di tombol + Order untuk menambahkan orderan, pilih item orderan dan tap Ok
Otomatis kunjungan dengan status Order akan memiliki icon AOL yang menunjukkan status Pesanan Penjualan di Accurate Online
Kuning: Menunggu diproses Hijau: Terproses Hitam: Menunggu approval Merah: Order ditolak Abu-abu: SalesMania gagal membuat order ke Accurate Online
Bila tombol status AOL berwarna merah, artinya SalesMania gagal membuat Pesanan Penjualan di Accurate Online. Tap di tombol AOL
di detail pesanan untuk melihat alasannya, dan bila perlu tap tombol Refresh
untuk mencoba mengulangi proses pembuatan pesanan atau meng-update status Pesanan Penjualan dari Accurate Online.
Untuk menambahkan user dapat dilakukan dengan membuat karyawan baru dari Accurate online dan melakukan update team di SalesMania, otomatis akun karyawan yang ditambahkan di Accurate masuk ke SalesMania
Di WEB Accurate Online, pilih kategori perusahaan -> karyawan
Tambahkan data karyawan dan centang kolom penjual
Untuk menghubungkan team yang sudah terlanjur ada di SalesMania dengan karyawan Penjual di Accurate Online, bisa dilakukan dengan mengisi kolom ext_salesman_number di SalesMania dengan nomor karyawan dari Accurate Online.
Untuk mengakses daftar piutang customer, Anda dapat menghapus integrasi SalesMania dengan Accurate Online, kemudian dilakukan integrasi kembali
Daftar Piutang dapat diakses melalui aplikasi pada menu daftar Customer -> klik titik tiga -> Daftar Piutang
Untuk menghentikan integrasi SalesMania dengan Accurate Online:
Tekan tombol DELETE
di kiri bawah untuk menghentikan integrasi.
Menghapus integrasi tidak menghapus data apapun di SalesMania. Tapi koneksi dengan Accurate Online akan terputus, jadi tidak akan ada lagi update data dari Accurate Online, dan orderan yang masuk di SalesMania tidak akan diteruskan ke Accurate Online. Bila ingin kembali melanjutkan integrasi, silahkan menjalankan Langkah Awal Integrasi di atas.
Masuk ke web Accurate Online, pilih Pengaturan -> Accurate Store
Klik di Aplikasi Saya, kemudian klik di Uninstall di SalesMania
Selanjutnya hasil integrasi bisa di-check langsung di -> Customer, Product dan Team untuk memastikan data sudah masuk ke SalesMania
Bila Anda melakukan Update Penyesuaian Harga, hasilnya bisa dicek di -> Settings -> Customer -> Tags di tanda titik tiga -> Penyesuaian Harga dan Diskon
Tap tombol untuk menyimpan
Tap di kunjungan untuk masuk ke detail, dan tap di tomboldi kanan atas untuk melihat status order dan nomor Pesanan Penjualan (Sales Order) di Accurate
Di WEB SalesMania, tekan tombol -> Settings -> Integrasi -> Accurate Online -> Update Team
Cek di menu team SalesMania nama karyawan yang sudah ditambahkan dan klik invite team (informasi lebih lanjut mengenai invite team, silahkan cek pada panduan berikut )
Di WEB SalesMania, tekan tombol -> Settings -> Integrasi -> Accurate Online
Customer, Product, Stok
AOL -> SM
Cukup sekali tekan tombol Update Customer dan Update Product di awal integrasi, berikutnya akan otomatis sinkron
Team, Penyesuaian Harga
AOL -> SM
Setiap ada penambahan/perubahan di Accurate Online, harus dilakukan Update Team / Update Penyesuaian Harga di SalesMania supaya ter-update
Sales Order
SM -> AOL
Order dari SM akan masuk sebagai SO di AOL, bisa disetting di halaman integrasi: Create AOL Sales Order from SalesMania app
Sales Order
AOL -> SM
Opsional, digunakan untuk memasukkan history order pelanggan, dari AOL ke SM. Gunakan tombol Update Visit dan pilih rentang waktu (disarankan tidak lebih dari seminggu per sinkronisasi)
Customer
SM -> AOL
Saat ada penambahan customer baru dari App, SM bisa langsung membuatkan customer baru juga di AOL. Bisa disetting lewat halaman integrasi: Create AOL customer from SalesMania app