Integrasi Accurate Online

Sinkronisasi data Customer, Product, Team dan Penyesuaian Harga dengan Accurate Online, sekaligus input pesanan penjualan (SO).

SalesMania sudah mendukung integrasi dengan Accurate Online. Jadi bila Anda sudah menggunakan Accurate Online, Anda tidak perlu repot lagi input data pelanggan dan produk secara manual. Setelah integrasi, data akan langsung di-sinkronisasi dengan Accurate Online.

Demikin juga orderan yang masuk lewat SalesMania, bisa langsung otomatis dibuatkan Pesanan Penjualan (Sales Order) di Accurate Online. Hal ini menurunkan kemungkinan typo bila order harus diinput ulang oleh admin, sekaligus mempercepat pemrosesan order oleh perusahaan.

Berikut daftar data-data yang tersinkronisasi antara SalesMania dan Accurate Online:

Jenis DataArah DataKeterangan

Customer, Product, Stok

AOL -> SM

Cukup sekali tekan tombol Update Customer dan Update Product di awal integrasi, berikutnya akan otomatis sinkron

Team, Penyesuaian Harga

AOL -> SM

Setiap ada penambahan/perubahan di Accurate Online, harus dilakukan Update Team / Update Penyesuaian Harga di SalesMania supaya ter-update

Sales Order

SM -> AOL

Order dari SM akan masuk sebagai SO di AOL, bisa disetting di halaman integrasi: Create AOL Sales Order from SalesMania app

Sales Order

AOL -> SM

Opsional, digunakan untuk memasukkan history order pelanggan, dari AOL ke SM. Gunakan tombol Update Visit dan pilih rentang waktu (disarankan tidak lebih dari seminggu per sinkronisasi)

Customer

SM -> AOL

Saat ada penambahan customer baru dari App, SM bisa langsung membuatkan customer baru juga di AOL. Bisa disetting lewat halaman integrasi: Create AOL customer from SalesMania app

Langkah Awal Integrasi

Untuk melakukan integrasi dengan Accurate Online, sebaiknya dimulai dengan database SalesMania yang masih kosong. Cara membuat database baru bisa ditemukan diPembuatan Database Baru

Selanjutnya kita lakukan proses integrasi sebagai berikut:

  • Tekan tombol ⚙️kemudian pilih Settings -> Integration -> Accurate Online

  • Anda akan masuk di web Accurate Online, dan diminta untuk login di Accurate Online

  • Kemudian Anda akan diminta persetujuan untuk integrasi dengan SalesMania, tekan tombol Beri Akses untuk kembali ke web SalesMania

  • Selanjutnya, tekan tombol Update Customer, Update Product dan Update Team untuk awal sinkronisasi data customer, product dan team sales dari Accurate Online ke SalesMania. Tunggu hingga proses selesai.

Update Customer dan Update Product hanya perlu dilakukan satu kali ini saja untuk mengisi data awal, selanjutnya proses sinkron data akan berlangsung otomatis bila ada perubahan, penambahan maupun pengurangan data customer dan produk dari Accurate Online ke SalesMania.

Untuk Update Team, hanya data karyawan dari Accurate Online yang berstatus Penjual yang akan di-import ke SalesMania. Update Team perlu dilakukan lagi setiap ada penambahan/perubahan karyawan penjual di Accurate Online.

Update Penyesuaian Harga akan mensinkronisasi data Penyesuaian Harga dari Accurate Online ke SalesMania. Tekan tombol ini bila Anda menggunakan fitur Penyesuaian Harga di Accurate Online saja.

Update Penyesuaian Harga perlu dilakukan lagi setiap kali ada penambahan/perubahan penyesuaian harga di Accurate Online

Update Visit bersifat opsional, digunakan untuk import history Pesanan Penjualan dari Accurate ke SalesMania. Bila memang diperlukan, kami sarankan untuk dijalankan bertahap dengan filter tanggal per 1 minggu saja, karena proses sinkron berjalan lambat dan ada kemungkinan terputus di tengah. Bila terjadi pemutusan, bisa diulangi lagi.

  • Selanjutnya hasil integrasi bisa di-check langsung di ⚙️-> Customer, Product dan Team untuk memastikan data sudah masuk ke SalesMania

  • Bila Anda melakukan Update Penyesuaian Harga, hasilnya bisa dicek di ⚙️-> Settings -> Customer -> Tags di tanda titik tiga -> Penyesuaian Harga dan Diskon

Integrasi Customer, Product dan Team hanya berlaku satu arah dari Accurate Online ke SalesMania. Artinya perubahan data Customer dan Product di Accurate akan otomatis ter-update ke SalesMania, tapi bila terjadi perubahan data Customer atau Product di SalesMania, tidak akan ter-update di Accurate, dan mungkin akan tertimpa dengan update berikutnya dari Accurate.

Input order dari SalesMania ke Accurate Online

Dengan integrasi ini, bila ada inputan orderan di SalesMania otomatis akan dibuatkan Pesanan Penjualan (Sales Order) di Accurate Online.

  • Buka APP SalesMania, kemudian masuk ke database yang tadi sudah di-integrasikan

  • Tambahkan kunjungan baru menggunakan tombol + di kanan bawah

  • Tap di kunjungan yang baru untuk masuk ke halaman detail, kemudian ganti status ke Order

  • Isi keterangan bila perlu, semisal: Minta dikirim Rabu sore

Keterangan di SalesMania juga akan diteruskan sebagai keterangan di Pesanan Penjualan Accurate Online

  • Lakukan absensi foto bila diperlukan

  • Tap di tombol + Order untuk menambahkan orderan, pilih item orderan dan tap Ok

  • Tap tombol untuk menyimpan

  • Otomatis kunjungan dengan status Order akan memiliki icon AOL yang menunjukkan status Pesanan Penjualan di Accurate Online

  • Kuning: Menunggu diproses Hijau: Terproses Hitam: Menunggu approval Merah: Order ditolak Abu-abu: SalesMania gagal membuat order ke Accurate Online

Bila tombol status AOL berwarna merah, artinya SalesMania gagal membuat Pesanan Penjualan di Accurate Online. Tap di tombol AOL di detail pesanan untuk melihat alasannya, dan bila perlu tap tombol Refresh untuk mencoba mengulangi proses pembuatan pesanan atau meng-update status Pesanan Penjualan dari Accurate Online.

Penambahan User

Untuk menambahkan user dapat dilakukan dengan membuat karyawan baru dari Accurate online dan melakukan update team di SalesMania, otomatis akun karyawan yang ditambahkan di Accurate masuk ke SalesMania

  • Di WEB Accurate Online, pilih kategori perusahaan -> karyawan

  • Tambahkan data karyawan dan centang kolom penjual

  • Di WEB SalesMania, tekan tombol ⚙️-> Settings -> Integrasi -> Accurate Online -> Update Team

  • Cek di menu team SalesMania nama karyawan yang sudah ditambahkan dan klik invite team (informasi lebih lanjut mengenai invite team, silahkan cek pada panduan berikut Menambahkan dan mengundang tim Sales)

Untuk menghubungkan team yang sudah terlanjur ada di SalesMania dengan karyawan Penjual di Accurate Online, bisa dilakukan dengan mengisi kolom ext_salesman_number di SalesMania dengan nomor karyawan dari Accurate Online.

Melihat Limit Piutang per Customer

Untuk mengakses daftar piutang customer, Anda dapat menghapus integrasi SalesMania dengan Accurate Online, kemudian dilakukan integrasi kembali

Daftar Piutang dapat diakses melalui aplikasi pada menu daftar Customer -> klik titik tiga -> Daftar Piutang

Menghapus Integrasi Accurate Online

Untuk menghentikan integrasi SalesMania dengan Accurate Online:

  • Di WEB SalesMania, tekan tombol ⚙️-> Settings -> Integrasi -> Accurate Online

  • Tekan tombol DELETE di kiri bawah untuk menghentikan integrasi.

Menghapus integrasi tidak menghapus data apapun di SalesMania. Tapi koneksi dengan Accurate Online akan terputus, jadi tidak akan ada lagi update data dari Accurate Online, dan orderan yang masuk di SalesMania tidak akan diteruskan ke Accurate Online. Bila ingin kembali melanjutkan integrasi, silahkan menjalankan Langkah Awal Integrasi di atas.

  • Masuk ke web Accurate Online, pilih Pengaturan -> Accurate Store

  • Klik di Aplikasi Saya, kemudian klik di Uninstall di SalesMania

Last updated