Integrasi Open API

Open API SalesMania memungkinkan program pembukuan/penjualan internal Anda dapat disinkronikasi secara otomatis dengan sistem SalesMania.

Dengan integrasi ini, Anda tidak perlu lagi menginput data-data produk, daftar customer, stok, harga secara manual di SalesMania. Bila ada orderan yang diinput oleh team lewat aplikasi SalesMania, data order tersebut juga bisa langsung masuk ke sistem Anda.

Manfaat Integrasi Open API

  • Tidak perlu input data pelanggan atau produk dua kali di dua sistem berbeda.

  • Order dari Salesmania otomatis masuk ke sistem internal Anda.

  • Data stok, harga, dan produk bisa selalu sinkron.

  • Proses order lebih cepat, akurat, dan minim kesalahan.

  • Cocok jika Anda sudah punya sistem sendiri, baik online maupun offline.

Dengan demikian, operasional bisnis menjadi lebih efisien, akurat, dan minim kesalahan input manual. Data order yang masuk dari SalesMania bisa langsung otomatis masuk ke sistem internal Anda.

Berikut daftar data-data yang tersinkronisasi antara SalesMania dan sistem Internal Anda:

Jenis Data
Arah Data
Keterangan

Customer, Product, Stok, Team

Internal -> SM

Tim IT Anda bisa menggunakan Open API untuk otomatis mengisi data dari sistem internal ke SalesMania. Demikian juga bila ada update di sistem internal bisa langsung disinkronkan ke SM.

Sales Order

SM -> Internal

Setiap ada orderan, SalesMania akan otomatis submit data orderan tersebut ke URL yang sudah disiapkan tim IT Anda, sehingga bisa langsung masuk ke sistem Anda.

Sales Order

Internal -> SM

Opsional, digunakan untuk memasukkan history order pelanggan, dari sistem internal Anda ke SM.

Customer

SM -> Internal

Saat ada penambahan customer baru dari App, SalesMania akan otomatis submit data customer baru tersebut ke URL yang sudah disiapkan tim IT Anda, sehingga bisa langsung masuk ke sistem Anda. (Opsional)

Alur Open API

CRUD: Create Read Update Delete

Sinkronisasi dari SM ke Sistem Internal

Menggunakan webhook sebagai mekanisme push dari SalesMania ke sistem internal Ada saat terjadi event tertentu seperti ada order baru dan penambahan customer baru dari app SalesMania. Sistem Internal Anda harus menyediakan endpoint (URL) yang dapat menerima data dengan format JSON dari SM.

Cara Aktivasi Open API

Untuk mengaktifkan integrasi Open API, sebaiknya dimulai dengan database SalesMania yang masih kosong. Cara membuat database baru bisa ditemukan di sini.

Selanjutnya kita lakukan proses integrasi sebagai berikut:

  • Tekan tombol ⚙️ kemudian pilih Settings -> Integration -> Open API

  • Masukkan URL webhook Anda untuk menerima data orderan/customer baru (Opsional) - Pilih methode authentication untuk webhook Anda (default: None atau tanpa autentifikasi)

  • Pilih event webhook yang ingin Anda dapatkan (Order dan/atau Customer)

  • Klik Simpan.

Arahkan tim IT Anda ke link ini untuk mencoba akses OpenApi menggunakan username/password SalesMania di database SM Anda.

Aktivasi OpenAPI akan menambahkan biaya open API sebesar Rp 10,000 per team ke dalam billing SalesMania Anda.

Dokumentasi Teknis Open API

Untuk informasi endpoint, parameter, format data, contoh penggunaan, dan panduan untuk developer / tim IT Anda, silakan akses dokumentasi lengkap di apidoc.salesmania.id

Cara Menonaktifkan Open API

Kapan pun bisa dinonaktifkan lewat Settings -> Integration -> Open API -> Delete Open API. Setelah dinonaktifkan, sistem Anda tidak bisa lagi mengakses data dari SalesMania.

Menghapus integrasi tidak menghapus data apapun di SalesMania. Tapi koneksi dengan sistem internal Anda akan terputus, jadi tidak akan ada lagi update data dari sistem internal Anda, dan orderan yang masuk di SalesMania tidak akan diteruskan ke sistem internal Anda.

Bila ingin kembali melanjutkan integrasi, silahkan menjalankan langkah-langkah di atas.

Last updated

Was this helpful?