Penagihan

Fitur ini dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan team penagihan/ debt collector, supaya semua aktivitas penagihan tercatat dengan rapi dengan history, dan bisa dipantau secara real time di SalesMania.

Untuk membuat penagihan, Anda dapat mengikuti beberapa langkah singkat dibawah ini:

Menu Visit per Sales
  • Klik 'Tambah Visit' pada card jadwal team penagihan yang ingin Anda tambahkan jadwal penagihannya.

Memilih customer yang ingin dikunjungi
  • Pilih customer yang ingin ditagihkan, dan klik 'Simpan'.

Gunakan fitur peta di SalesMania untuk memastikan lokasi customer yang akan dikunjungi berdekatan untuk memaksimalkan efisiensi perjalanan.

Mengubah tipe visit menjadi visit penagihan
  • Jika jadwal visit sudah berhasil ditambahkan ke card team yang bersangkutan, selanjutnya klik titik tiga pada jadwal visit yang tipenya ingin diubah ke visit penagihan. Lalu klik 'Penagihan'.

Apabila Anda tidak melihat opsi Penagihan di titik tiga, pastikan Anda mempunyai Hak Akses 'Buat visit penagihan.'

Memilih faktur yang ingin ditagihkan
  • Selanjutnya, pilih faktur yang ingin ditagihkan, lalu klik 'Pilih'.

Secara default daftar ini di-filter untuk order yang berstatus Diproses atau Terkirim, bila Anda ingin melihat order yang Baru/ Lunas/ Batal, sesuaikan checklist di atas untuk melihat order dengan status lainnya.

Visit penagihan berhasil terbuat
  • Jika sudah memilih faktur yang ingin ditagihkan, maka tipe visit akan berubah menjadi visit penagihan, lengkap dengan nominal yang akan ditagihkan dan total nominal faktur.

  • Anda juga dapat melihat detail ataupun progress penagihannya dengan cara klik 'Detail Visit'.

Halaman detail penagihan
  • Pada halaman detail penagihan ini, Anda dapat melihat detail penagihan mulai dari nomor invoice, total yang harus ditagih, sisa hutang, jumlah tagihan yang sudah dibayar, hingga history penagihannya.

Apabila sudah berhasil menambahkan visit penagihan, maka team penagihan Anda sudah bisa untuk melaporkan detail penagihan lewat aplikasi masing-masing.

Setting Status Visit untuk Pencatatan Penagihan

Pastikan Anda sudah memiliki status visit dengan tipe 'Penagihan'. Yang akan digunakan tim debt collector untuk melakukan pencatatan pembayaran.

Membuat status untuk visit penagihan
  • Buka Pengaturan --> Settings --> Visit untuk melihat daftar status visit di database Anda.

  • Bila belum ada, buat status baru dengan klik tombol '+' di atas, dan diberi nama Tertagih.

  • Rubah tipe status visit ke penagihan dengan klik di dropdown sisi kanan dan pilih Penagihan.

  • Saat melakukan penagihan, team debt collector bisa memilih status ini untuk mencatat nominal pembayaran yang diterima.

Untuk customer yang melakukan integrasi Accurate Online, fitur penagihan ini sifatnya hanya pencatatan saja dan TIDAK merubah data pembayaran dan pelunasan yang ada di Accurate Online. Pencatatan ini berguna sebagai history penagihan per faktur per customer, dan juga untuk perhitungan saat setoran tim penagihan dengan admin/kasir kantor.

Selain status penagihan Tertagih, Anda juga bisa menambahkan status penagihan lainnya seperti Transfer Bank, BG/Cheque , Tukar TT dan lainnya, sesuai kebutuhan

Menjadwalkan penagihan berikutnya untuk penagihan yang gagal atau di-cicil

Di halaman detil penagihan, dibagian tengah bawah ada history penagihan yang sudah dilakukan untuk faktur ini.

Halaman detail penagihan

Bila Anda ingin menjadwalkan penagihan tambahan untuk faktur yang sama, tekan tombol + di sebelah History Penagihan, dan pilih tim penagihan dan tanggal penagihan berikutnya.

Memilih team dan tanggal penagihan

Terakhir, klik 'Simpan' untuk membuat jadwal penagihan tambahan untuk faktur ini di tanggal yang dipilih. Seluruh progres penagihan dapat dipantau dari report Collection per Period, seperti yang ada di sini.

Last updated

Was this helpful?