Visit per Sales

Dashboard aktivitas semua tim sales per hari

Ini adalah halaman utama web SalesMania, yang dapat kita gunakan untuk memantau aktivitas semua tim kita per hari. Di halaman ini kita bisa:

  • Menambahkan jadwal kunjungan tim sales

  • Melihat hasil kunjungan yang sudah dilakukan

  • Menambahkan catatan area kerja tim sales

  • Menyalin jadwal yang sudah ada ke hari lain

  • Menandai tim sales sedang ijin cuti di hari ini

Klik di menu di kiri atas Visit per Sales untuk masuk di halaman ini. Gunakan tombol Tanggal di kiri atas untuk mengganti ke tanggal yang lain.

Di sebelah kiri nama Customer ada kode warna yang menandakan status setiap kunjungan. Legenda kode warna bisa ditemukan di kanan bawah.

StatusKeterangan

Belum Visit

Status awal, artinya kunjungan belum dilakukan

Order

Sales mendapatkan orderan, dan harus memasukkan daftar produk yang dipesan customer

Gagal Visit

Customer tutup, atau Owner/Purchasing sedang tidak di tempat

Tidak Order

Pelanggan tidak memesan, mungkin stok masih, atau baru tahap penawaran

Status ini bisa di-customize sesuai kebutuhan perusahaan, misalkan bisa ditambahkan status Penawaran, atau status Order via WA/Phone. Cara mengganti status bisa ditemukan di Settings -> Visit

Menambahkan jadwal kunjungan tim sales

  • Klik tombol Tambah Visit di area bawah kartu masing-masing sales, gunakan search bar untuk mencari nama pelanggan, klik di nama pelanggan untuk menambahkan pelanggan ke jadwal sales. Klik lama tombol lokasi pada nama pelanggan untuk melihat lokasi pelanggan dengan detail, agar rute kunjungan semakin efektif.

Tekan ✏️ dan isi Keterangan bila Anda ingin memberikan catatan khusus mengenai kunjungan ini ke tim Anda. Misalkan: Tanyakan pembayaran invoice bulan lalu

Melihat hasil kunjungan yang sudah dilakukan

  • Tekan tombol ✏️ di sebelah kanan Customer untuk membuka jendela detail visit

  • Keterangan: catatan hasil kunjungan, alasan bisa gagal atau tidak ada order PIC: Person in Charge, artinya bertemu dengan siapa saat kunjungan Next Action: yang perlu dilakukan di kunjungan berikutnya, misalkan: membawa sampel, katalog, melakukan demo, dll.

Apa yang tertulis di Next Action akan otomatis muncul di penjadwalan kunjungan berikutnya sebagai reminder.

  • Tekan tombol 📷untuk melihat foto-foto hasil kunjungan

  • Tekan tombol 📌untuk membuka Google Maps lokasi saat kunjungan

Bila lokasi official customer sudah di-set, SalesMania akan menampilkan jarak antara lokasi customer dengan lokasi saat absensi.

  • Untuk status Order, akan muncul daftar produk yang di-order customer lengkap dengan jumlah, satuan, harga, dan diskon bila ada.

  • Di kiri bawah tampil history kunjungan ke customer, lengkap dengan tanggal, deskripsi, next action, PIC, nama sales, foto kunjungan dan koordinat lokasi kunjungan

  • Di tengah bawah tampil history order customer, tanggal berapa pernah order produk apa, berapa banyak lengkap dengan harga dan diskon bila ada

  • Di kanan bawah tampil omset customer 3 bulan terakhir, memudahkan review apakah target omset bulan ini sudah tercapai minimal sama dengan bulan-bulan sebelumnya

History kunjungan dan history order akan memudahkan bila terjadi pergantian atau rotasi tim sales, karena tim baru bisa mengakses informasi ini di APP SalesMania sebelum visit untuk memudahkan komunikasi dengan customer.

Menambahkan catatan area kerja tim sales

  • Klik tanda titik tiga di kanan atas, kemudian pilih Catatan

  • Masukkan catatan semisal area kerja untuk lebih mudah mendapat gambaran area kerja setiap tim sales di hari ini

Menyalin jadwal yang sudah ada ke hari lain

Seringkali daftar kunjungan yang sudah ada, akan dijalankan lagi di kemudian hari. Alih-alih membuat jadwal yang sama lagi, fitur Salin SalesMania mempermudah pekerjaan Anda:

  • Klik tanda titik tiga di kanan atas, kemudian pilih Salin

  • Pilih tanggal tujuan dan klik tombol Salin

  • Pilih tanggal tujuan di kiri atas untuk memastikan semua jadwal sudah tersalin di tanggal tersebut dengan status default 'Terjadwal'.

Menandai tim sales sedang ijin cuti di hari ini

Bila ada tim sales yang ijin cuti, kita bisa menandai supaya saat review di kemudian hari catatan cuti itu muncul sebagai informasi kenapa di hari itu tidak ada aktivitas.

  • Klik tanda titik tiga di kanan atas, pilih Tandai Cuti

  • Masukkan alasan cuti dan klik Simpan

Last updated