SalesMania
Join Us Now!
  • Welcome to SalesMania
  • Getting Started in 5 Minutes
  • Alur Penggunaan SalesMania
  • Website GuideBook
    • Visit per Sales
    • Visit per Periode
    • Order
    • Data Product
    • Data Customer
    • Reports
    • Term of Payment (TOP)
    • Penagihan
    • Reset Password
    • Integrasi Accurate Online
    • Integrasi Open API
    • Hak Akses
    • Advanced Features
      • Auto Geotag
      • Customer Custom Fields
      • Lock Radius Check In/Check Out
      • Deteksi Fake GPS
      • Auto Scheduling
      • Limit Akses Sales per Customer
      • Limit Akses Sales per Product
      • Limit Akses Team
      • Status Visit
      • Check-In
      • Custom Fields
      • Share Hasil Kunjungan ke WhatsApp
      • Target
  • APP GuideBook
    • Instalasi dan Login
    • Join Database by QR
    • Menambahkan Kunjungan
    • Melakukan Kunjungan
    • Menetapkan TOP
    • Melakukan Penagihan
    • Menambahkan Customer
    • Membagikan Laporan Harian
    • Daftar dan History Customer
    • Katalog Produk
    • Salin Visit
    • Profile & Setting
    • Location Permanently Denied
    • Fitur Lainnya
      • Menambahkan Product
      • Print Pesanan Penjualan
      • Visit Setting
  • 2024 Release Notes
    • February
      • Release Version 1.3.1+80
Powered by GitBook
On this page
  • Menambahkan Jadwal Kunjungan Tim Sales
  • Melihat Hasil Kunjungan yang Sudah Dilakukan
  • Menambahkan catatan area kerja tim sales
  • Menyalin Jadwal yang Sudah Ada ke Hari Lain
  • Menandai Tim Aales Sedang Ijin Cuti di Hari Ini

Was this helpful?

  1. Website GuideBook

Visit per Sales

Dashboard aktivitas semua tim sales per hari

PreviousWebsite GuideBookNextVisit per Periode

Last updated 2 months ago

Was this helpful?

Ini adalah halaman utama web SalesMania, yang dapat kita gunakan untuk memantau aktivitas semua tim kita per hari. Di halaman ini kita bisa:

  • Menambahkan jadwal kunjungan tim sales

  • Melihat hasil kunjungan yang sudah dilakukan

  • Menambahkan catatan area kerja tim sales

  • Menyalin jadwal yang sudah ada ke hari lain

  • Menandai tim sales sedang ijin cuti di hari ini

Klik di menu di kiri atas Visit per Sales untuk masuk di halaman ini. Gunakan tombol Tanggal di kiri atas untuk mengganti ke tanggal yang lain.

Di sebelah kiri nama Customer ada kode warna yang menandakan status setiap kunjungan. Legenda kode warna bisa ditemukan di kanan bawah.

Status
Keterangan

Belum Visit

Status awal, artinya kunjungan belum dilakukan

Order

Sales mendapatkan orderan, dan harus memasukkan daftar produk yang dipesan customer

Gagal Visit

Customer tutup, atau Owner/Purchasing sedang tidak di tempat

Tidak Order

Pelanggan tidak memesan, mungkin stok masih, atau baru tahap penawaran

Status ini bisa di-customize sesuai kebutuhan perusahaan, misalkan bisa ditambahkan status Penawaran, atau status Order via WA/Phone. Cara mengganti status bisa ditemukan di Settings -> Visit

Menambahkan Jadwal Kunjungan Tim Sales

  • Klik tombol Tambah Visit di area bawah kartu masing-masing sales, gunakan search bar untuk mencari nama pelanggan, klik di nama pelanggan untuk menambahkan pelanggan ke jadwal sales. Klik lama tombol lokasi pada nama pelanggan untuk melihat lokasi pelanggan dengan detail, agar rute kunjungan semakin efektif.

Melihat Hasil Kunjungan yang Sudah Dilakukan

  • Keterangan: catatan hasil kunjungan, alasan bisa gagal atau tidak ada order PIC: Person in Charge, artinya bertemu dengan siapa saat kunjungan Next Action: yang perlu dilakukan di kunjungan berikutnya, misalkan: membawa sampel, katalog, melakukan demo, dll.

Apa yang tertulis di Next Action akan otomatis muncul di penjadwalan kunjungan berikutnya sebagai reminder.

Bila lokasi official customer sudah di-set, SalesMania akan menampilkan jarak antara lokasi customer dengan lokasi saat absensi.

  • Data Order menampilkan daftar produk yang dipesan, jumlah, satuan, harga, dan diskon (jika ada).

  • History Visit mencatat kunjungan ke customer, termasuk tanggal, deskripsi, next action, PIC, nama sales, foto, dan koordinat lokasi.

  • History Order menampilkan detail pesanan, seperti tanggal, produk, jumlah, harga, dan diskon (jika ada).

  • Grafik Omset menunjukkan omzet dalam 3 bulan terakhir untuk memudahkan analisis kenaikan atau penurunan omzet dari customer.

History kunjungan dan history order akan memudahkan bila terjadi pergantian atau rotasi tim sales, karena tim baru bisa mengakses informasi ini di APP SalesMania sebelum visit untuk memudahkan komunikasi dengan customer.

Menambahkan catatan area kerja tim sales

  • Klik tanda titik tiga di kanan atas, kemudian pilih Catatan

  • Masukkan catatan semisal area kerja untuk lebih mudah mendapat gambaran area kerja setiap tim sales di hari ini

Menyalin Jadwal yang Sudah Ada ke Hari Lain

Seringkali daftar kunjungan yang sudah ada, akan dijalankan lagi di kemudian hari. Alih-alih membuat jadwal yang sama lagi, fitur Salin SalesMania mempermudah pekerjaan Anda:

  • Klik tanda titik tiga di kanan atas, kemudian pilih Salin

  • Pilih tanggal tujuan dan klik tombol Salin

  • Pilih tanggal tujuan di kiri atas untuk memastikan semua jadwal sudah tersalin di tanggal tersebut dengan status default 'Terjadwal'.

Menandai Tim Aales Sedang Ijin Cuti di Hari Ini

Bila ada tim sales yang ijin cuti, kita bisa menandai supaya saat review di kemudian hari catatan cuti itu muncul sebagai informasi kenapa di hari itu tidak ada aktivitas.

  • Klik tanda titik tiga di kanan atas, pilih Tandai Cuti

  • Masukkan alasan cuti dan klik Simpan

Tekan dan isi Keterangan bila Anda ingin memberikan catatan khusus mengenai kunjungan ini ke tim Anda. Misalkan: Tanyakan pembayaran invoice bulan lalu

Tekan tombol di sebelah kanan Customer untuk membuka jendela detail visit

Tekan tombol , untuk melihat foto-foto hasil kunjungan

Tekan tombol untuk melihat lampiran-lampiran file hasil kunjungan

Tekan tombol untuk membuka Google Maps lokasi saat kunjungan

✏️
✏️
Dashboard aktivitas harian tim sales
Jendela Tambah Visit
Jendela Detail Visit